Home / Review / 5 Alasan ‘Gintama’ Dari Zero to Hero

5 Alasan ‘Gintama’ Dari Zero to Hero

Roxfile.com – Gintama. Apa itu? jika mengikuti perkembangan manga dan anime nya pasti tahu tentang anime kocak yang mengocok perut ini. Yap, awalnya Gintama adalah sebuah serial karya Hideaki Sorachi yang diterbitkan di majalah Weekly Shonen Jump. Majalah terkenal yang telah menerbitkan banyak manga fenomenal seperti One Piece, Naruto, dan Rurouni Kenshin. Gintama sendiri berkisah tentang seorang pemuda bernama Gintoki Sakata dengan bisnis Yorozuya nya dan menerima pekerjaan apapun yang penting dibayar. Bersetting di kota fiktif Kabukicho dengan segala kekocakan tingkah laku dan gaya Gintoki yang humoris membuat anime dan manganya sangat populer. Pada masa lalu Gintoli adalah seorang samurai hebat yang ikut berperang melwan alien yang datang dan mencoba menduduki Bumi. Pada 2017 ini arc Gintama Season Winter telah berakhir Maret lalu.

Lalu apa sebenarnya yang mebuat manga sert anime Gintama sangat populer? berikut adalah 5 alasan mengapa Gintama sukses dari Zero to Hero:

Alasan ke 1: Dialog yang Baik

Pada awalnya Gintama adalah serial manga yang kurang diminati. Seiring berjalanya waktu popularitas Gintama mulai naik. Selain menampilkan jokes-jokes receh, juga menampilkan kisah-kisah lucu dengan penggambaran yang cukup baik. Karena banyaknya jokes receh yang vulgar Gintama diasumsikan hanya untuk dewasa. Sebenarnya sealin jokes recehnya yang kadang cukup vulgar, dialog dalam Gintama cukup baik dan relevan dengan khidupan masa kini, seperti banyaknya sindiran halus serta parodi-parodi tokoh terkenal dari manga ataupun tokoh nyata lain.

Hal itu dievaluasi oleh mangaka terkenal Masanori Morita yang juga pengarang Rookies. Morita adalah seorang mangaka dengan kemampuan gambar yang luar biasa dan unik. Ia mengatakan bahwa Sorachi’s menciptakan dialog berdasar awal karirnya sebagai seorang mangaka. Morita telah banyak membaca Gintama hanya dalam Bahasa Jepang. Dan mengatakan mungkin jika di terjemahkan ke bahasa lain akan sangat sulit atau bahkan banyak jkes yang hilang karena sulitnya translasi.
Alasan ke 2: Jokes

Kepopuleran Gintama semakin menjadi-jadi saat manga ini diadaptasi ke Anime. Adapatsi anime pertamanya ditayangkan di Jump Festa. Lalu dibutlah sebuah seri anime untuk TV. Seri pertama ini di tangani oleh Director Shinji Takamtsu, seorang director anime yang sangat handal di bidang anime komedi (Kochokame dan School Rumble)

Ada rumor bahwa seri anime Gintama akan ditayangkan tengah malam karena banyaknya jokes yang vulgar. Tapi nyatanya anime ini ditayangkan pukul 07.00 malam, dengan diselingi iklan. Sebuah keputusan yang berani mengingat Gintama banyak menampilkan jokes receh vulgar. Namun karena keunikan tersebut, Gintama menjadi topik diskusi menarik bagi para penonton dan akhirnya banyak yang menggemari anime kocak ini. Selama penayangan di TV, Gintama beberapa kali merubah jam tayang.

Dengan adanya serial anime ini banyak penggemar manga mulai megeluh tentang banyaknya kata yang harus dibaca dalam manga, mereka mulai beralih dan mnunggu tayangnya anime karena langsung mendengar kata-kata dari voice aktor daripada membaca banyak kata.
Alasan ke 3: Scene Aksi yang Intensif

Dalam manga aslinya, penggambaran scene aksi kurang dapat memuaskan, namun setelah penagdaptasian ke anime banyak scene aksi yang bagus dan cukup memuaskan penggemar selain jokes receh khas Gintama. Gintama dibuat oleh studio produksi Sunrise yang sudah melalang buana membuat anime sci-fi. Maka tak heran adaptasi anime ini sangatlah popular, Sunrise sendiri sudah banyak menggarap anime sci-fi kelas berat seperti Mobile Suit Gundam dan Code Geass.
Alasan ke 4: Alur Cerita yang tak Terduga

Hideaki Sorachi adalah seorang mangaka yang snagat briliant mengolah cerita, banyak cerita-cerita yang tak terduga dari Gintama seperti sindiran, parodi dan yang lain, salah satunya adalah episode The Final Chapter: Be Forever Yorozuya, dalam kisah ini Sorachi menggambarkan Gintoki yang memakai camcorder di kepalanya. Orang-orang akan mengenalinya sebagai seorang pembajak film di bioskop. Mungkin ini hanyalah candaan yang dibuat untuk menghibur penonton. Namun ini juga sebuah parodi dan sindiran halus banyaknya kasus pembajakan karya film. Sorachi memanglah seorang mangaka hebat dalam menggabungkan cerita dari lucu ke serius.
Alasan ke 5: Setting Dunia yang Unik

Selain banyaknya jokes, kelucuan cerita, salah satu faktor yang menarik dari Gintama adalah setting tempatnya. Gintama menggabungkan setting masa lalu zamann keshogunan Jepang dengan setting modern sci-fi. Selain perpaduan zaman, beberapa karakter tokoh Gintama juga diambil dari tokoh asli bersejarah di Jepang. Seperti para tokoh Shinsengumi meliputi Kondo, Hijikata, dan Okita serta anngota Jouishishi meliputi Katsura, Takasugi dan Skamoto, yang merupakan tokoh-tokoh sejarah Jepang yang eksis pada akhir era samurai dan awal modernisasi Jepang.
Jadi itulah 5 alasan yang membuat Gintama menjadi istimewa diantara anime yang lain. Tentunya selain 5 alasan tersebut, masih banyak hal yang unik tentang Gintama yang menjadi daya tarik. Nmaun secara garis besar 5 alasan tersebut yang menjadi faktor utama kepopuleran manga dan anime Gintama. Jadi pastikan jangan terlau dekat ke layar saat menonton dan kondisi penerangan yang baik.

Check Also

Apakah kekuatan Mata Boruto ini lebih kuat dibanding Tenseigan / Rinnegan /Byakugan?

Apakah kekuatan Mata Boruto ini lebih kuat dibanding Tenseigan / Rinnegan /Byakugan?

Tenseigan merupakan salah satu mata terkuat dalam anime Naruto. Mata ini diperkenalkan dalam movie Naruto …